Langsung ke konten utama

Melihat Karisma Guru di Negara Maju


Kemajuan suatu Negara sangat tergantung dengan kemajuan lembaga pendidikannya, mulai dari dasar sampai pendidikan tinggi. Jika Negara itu maju, maka lembaga pendidikan dapat dipastikan maju, dan sebaliknya. Oleh sebab itu, studi banding lembaga pendidikan selalu dilakukan di lembaga pendidikan yang ada di negara-negara maju.
Dalam konteks membangun karisma guru sebaiknya kita melihat negara-negara maju, bagaimana lembaga pendidikan membangun karisma gurunya sehingga mampu mendinamiskan potensi anak didik sehingga melesat cepat menggapai tangga dan puncak kesuksesan dengan penemuan-penemuan besar yang mempengaruhi dunia? Belajar kepada mereka sangat penting supaya bangsa ini mampu melakukan lompatan pengetahuan dan prestasi yang mencenangkan dunia di masa depan.
Jika hanya mengendalikan system pendidikan kita tanpa mau belajar kepada negara lain yang terbukti mampu mengubah negaranya menjadi negara adidaya dengan daya kreasi dan inovasi yang berkualitas tinggi, maka eksklusivitas kita akan menjadi boomerang kemunduran bangsa ini terus-menerus. Hal ini juga merupakan kesombongan yang tidak boleh terjadi. Sebab, sejarah mencatat bahwa kader-kader hebat bangsa ini dulu banyak belajar di luar negeri. Mereka bukan sosok orang yang menutup diri dari dunia luar. Justru mereka aktif mempelajari keunggulan negara lain dan mengadopsinya untuk kemajuan negara sendiri dengan seleksi ideologis yang ketat.
Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah bidang yang layak kita pelajari dari negara-negara maju. Sementara dalam bidang ideology dan spritualitas, kita percaya kepada ideology dan spiritualitas bangsa sendiri. Keduanya adalah symbol dan fondasi bangsa yang tidak boleh ditukarkan dengan apapun. nasionalisme dan patriotism religious adalah kunci kesuksesan bangsa dan menggapai era kejayaan di masa depan. Anak-anak bangsa ini tidak boleh tercerabut nasionalisme dan patriotisme religiusnya meskipun hidupnya di negara-negara maju, karena mereka adalah tunas-tunas bangsa yang bertanggung jawab penuh mengharumkan nama bangsa ini di mana pun dan kapan pun.

A. Karya Menjadi Simbol Kepakaran

Karya adalah symbol otoritas seseorang dalam disiplin ilmu tertentu. Setinggi apa pun ilmu seseorang jika tidak punya karya, maka otoritas ilmunya diragukan dan dipertanyakan. Di negara-negara maju, guru harus mempunyai karya di bidangnya sendiri sebagai bukti bahwa ia mempunyai kepakaran, wawasan dan pandangan yang luas terhadap bidang yang diajarkan.
Sebuah karya lahir dari proses panjang, seperti tenggelam dalam dunia baca, penelitian , dan tulis menulis. Menjadi pakar dunia tentang bidang yang menjadi kepakarannya, kemudian melakukan telaah, analisis, dan mengambil kesimpulan dari pendapat para pakar. Setelah itu, ia melakukan riset mendalam untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan bidang tersebut, lalu risetnya menemukan sesuatu yang mampu menutup kelemahan dan kekurangan bidang tersebut. Baru kemudian ia menyusun hasil bacaan, telaah, dan riset dalam bentuk karya.
Karya mempunyai kualitas yang berbeda-beda. Ada yang menjadi rujukan utama yang disebut hand book atau buku utama sebagai induk dari bangunan ilmu, ada yang menjadi rujukan kedua yang disebut middle book atau buku menengah sebagai penyempurna dari buku utama, dan ada yang menjadi elementary book atau buku dasar merupakan pelengkap buku utama yang biasanya diperuntukan bagi para pemula.
Dr. Ahmad Munif Suratmaputra, MA. (2009) ketika melakukan studi banding dan riset di Universitas al-Azhar Kairo Mesir mengaku kagum kepada para dosen di universitas tersebut. Syarat menjadi dosen di lembaga ini harus mempunyai karya di bidangnya. Tentu para dosen di lembaga ini berlomba-lomba menulis karya dengan teliti, sunguh-sungguh, dan mendalam, karena ada seleksi ketat. Karya yang diterima adalah karya berkualitas, bukan karya asal-asalah yang cepat habis dan tidak banyak dalam dunia keilmuan.
Dalam konteks ini, para guru senior di negeri ini harus menjadi teladan yang baik dalam melahirkan karya-karya besar. Guru senior dengan pengalaman dan jam terbang yang tingi, mempunyai endapan pengalaman dan jam terbang yang tinggi, banyak yang harus diabadikan dalam bentuk karya yang bisa dinikmati anak-curu. Jika guru senior tidak memberikan teladan, maka sangat sulit mendorong guru-guru junior untuk berkarya karena tidak ada motivasi lebih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMP Muhammadiyah Plus Batam Kota

SMP Muhammadiyah Plus Batam Kota merupakan salah satu sekolah favourit yang ada di Batam Kota. Dimulai didirikan pada tahun 2013 dengan jumlah siswa tahun pertama sebanyak 7 siswa. Sudah 2 kali pergantian kepala sekolah, yang pertama yaitu Ms.Heny Kusdiyanti, S.Pd.,M.M dan disusul oleh Ms.Ani Hidayatin, S.Pd.,M.M. Pada tahun kedua yaitu 2014/2015 jumlah siswa mengalami peningkatan yaitu 53 siswa, disusul tahun ke-3 sebanyak 103 siswa dan tahun ke-4 155 siswa. Dengan jumlah 6 rombel secara keseluruhan. SMP Muhammadiyah Plus Batam Kota tidak bisa dilepaskan oleh SD Muhammadiyah Plus yang masih satu atap. Ditambah keakraban gurunya yang masih ada guru paralel. Sekolah ini diminati karena unggul pada agama, akhlak dan tak ketinggalan bahasa Inggris nya. Itulah mengapa sekolah ini masih menjadi sekolah favourit di kawasan Batam Kota.

Tips Praktis Memperkaya Kreatifitas Anda

Ada banyak tips yang dapat diberikan untuk memperbaiki kreativitas Anda. Semua itu harus dimulai dari diri Anda yang menyadari suasana atau cara berpikir yang tidak kreatif akan berbahaya bagi kesejahteraan dan kedamaian hidup Anda di kemudian hari. • Jangan batasi diri ( to limit self). Janganlah batasi diri Anda atau anak-anak Anda, kecuali itu masalah moral dan integritas. Jangan batasi hidup dengan rutinitas, mengambil langkah yang mudah, atau takut. • Cobalah menjalani dan menjelajahi jalan-jalan baru saat mengendarai kendaraan Anda. Kendarailah seorang diri dan jangan khawatir akan tersesat. Kalau ada anggota keluarga yang selalu mengganggu dan membatasi Anda, turunkanlah dia di tempat yang aman, atau mintalah orang itu menghargai keputusan Anda. • Eksposlah diri Anda dengan orang yang berbeda-beda, datangilah mereka, ajaklah berbicara dan kawani orang-orang yang hidupnya tidak rutin. • Ubah pergaulan Anda. • Tempa diri dalam hidup yang berwarna ketidakpastian. Beran...

Peranan Penting Seorang Ayah

Peran Penting Ayah Banyak para ayah bersikap tegas dan sesekali keras saat mendidik anak-anaknya. Sebenarnya ada pesan penting yang ingin seorang ayah sampaikan kepada anak-anaknya terutama pada anak lelakinya. Seorang pria kerap tidak pandai dalam menyampaikan pesan. Pesannya yang cenderung terselubung terkadang membuat anak menjadi salah sangka. Akan tetapi, sebenarnya setiap ayah telah mempersiapkan rencana tersendiri untuk anak-anaknya. Oleh karena itu, tentang peran ayah, ada tiga peran penting yang ingin disajikan, yakni : • Mencintai anak-anak Setiap orang tua melapangkan dadanya ketika buah hati membuatnya kecewa dan sedih. Tak hanya kaum ibu, setiap ayah juga akan merasa sedih bila anak berada di jalan yang salah. Tapi bagaimanapun, oangtua tetap mencintai sepenuh hatinya. Sebagai anak, kita perlu tahu bahwa pujian dan ganjaran yang kerap diucapkan oleh ayah merupakan keinginan terbaiknya, harapan terbesar, dan cintanya yang tanpa syarat. Ayah membantu kita untuk m...